Sebagian dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya asuransi pendidikan, asuransi properti, asuransi mobil dan aset lainnya, tapi malah jarang yang sadar atau mempedulikan diri sendiri dengan menggunakan asuransi jiwa. Ada beberapa hal yang menyebabkannya, ada yang masih kurang tahu atau karena memang merasa tidak/belum membutuhkan.

Padahal, asuransi jiwa bertujuan untuk meng-cover atau melindungi seseorang, termasuk kamu tentunya, terhadap kerugian finansial yang tidak terduga yang biasanya diakibatkan karena meninggal terlalu cepat atau tiba-tiba, bahkan bisa juga karena hidup terlalu lama.

Dengan kata lain, manfaat dari asuransi jiwa tersebut untuk jaminan hidup di masa mendatang sebagaimana tercantum dalam Kitab Undang-undang Hukum Dagang (KUHD) pasal 246 yang berbunyi:

“Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian, dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.”

Nah, bagi kamu yang belum paham atau masih bingung, yuk simak 7 alasan mengapa kamu harus memiliki asuransi jiwa segera apapun profesi dan kondisi kamu:

1. Pasangan baru menikah

Saat ini, bisa dikatakan pasangan pengantin baru masih sedikit sekali yang memiliki kesadaran untuk menggunakan asuransi, terutama asuransi jiwa. Salah satu alasannya bisa jadi karena kebutuhan yang sedang banyak-banyaknya karena baru memulai hidup baru, sehingga membayar premi dirasa memberatkan.

Padahal, justru sebagai pasangan muda, maka asuransi jiwa tersebut seharusnya dipertimbangkan dan dimasukkan dalam list kebutuhan yang penting untuk diri sendiri dan juga anak-anak pada nantinya.

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa kamu sebagai pasangan muda perlu memiliki asuransi jiwa:

a). Antisipasi risiko kecelakaan atau musibah

Sebuah pepatah “sedia payung sebelum hujan” tampaknya sangat tepat buat kamu yang ingin mengambil asuransi. Pasalnya, saya dan kamu memang tidak bisa mengetahui ataupun menghindari kapan hujan akan turun, yang bisa dilakukan adalah menyiapkan perlindungan di saat hujan benar-benar terjadi.

Dengan kata lain, untuk menghadapi beberapa kemungkinan buruk seperti musibah yang merugikan ataupun kecelakaan, asuransi tersebut berfungsi untuk meng-cover segala kebutuhan kamu saat tiba-tiba terjadi musibah atau kecelakaan.

b). Resiko terburuk atau kematian

Kematian merupakan sesuatu yang pasti terjadi pada setiap manusia. Bahkan terkadang kematian bisa terjadi secara sangat tiba-tiba. Sedangkan untuk pemakaman saja kadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah, jika sudah menggunakan asuransi, maka biaya pemakaman mulai dari proses pemakaman berlangsung hingga biaya untuk perawatan makam diharapkan sudah bukan masalah lagi bagi keluarga yang ditinggalkan.

c). Sebagai perlindungan keluarga

Selain untuk diri sendiri, asuransi bahkan akan menanggung biaya hidup keluarga kamu. Apalagi bagi para pencari nafkah (suami atau ayah) yang masih memiliki tanggung jawab terhadap istri, anak, dan keluarganya.

Nah, disitulah keuntungan dari asuransi jiwa, dimana nanti kebutuhan keluarganya akan ditanggung oleh pihak asuransi, setelah pencari nafkah yang sebelumnya membeli premi meninggal dunia.

2. Kamu adalah tulang punggung keluarga

Seperti yang sudah kamu tahu, sebuah keluarga tentu memiliki tulang punggung, dimana biasanya gelar tersebut diambil oleh suami atau ayah. Kehadiran tulang punggung keluarga tentu sangat berperan penting untuk kehidupan sebuah keluarga.

Namun, bagaimana jika tulang punggung keluarga tersebut jatuh sakit keras atau bahkan meninggal dunia? Disinilah asuransi jiwa berperan sangat penting. Dengan adanya asuransi tersebut, sama saja dengan kamu menabung untuk masa depan atau kebutuhan hidup keluarga yang kamu tanggung.

Karena musibah itu terjadinya sangat tiba-tiba dan tidak bisa diprediksi, maka dengan memiliki asuransi kamu tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana nasib keluarga yang selama ini ditanggung.

3. Kamu baru mempunyai anak

Anak merupakan investasi orang tua di masa depan, sehingga urusan anak selalu menjadi perhatian khusus bagi orang tuanya. Bahkan tak sedikit yang sudah merencanakan segala sesuatunya mulai dari anak masih dalam kandungan.

Semua kebutuhan si kecil mulai dari susu, makanan, popok, pakaian hingga pendidikannya tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Saat  ini mungkin kamu masih punya penghasilan yang cukup untuk membiayai itu semua. Namun, bagaimana jika suatu hari nanti kamu sudah tidak ada lagi di sisi mereka? Sudahkah kamu siapkan dananya untuk memastikan semua kebutuhan dan pendidikannya tidak terputus di tengah jalan?

4. Kamu bukan dari keluarga yang tajir melintir

Siapa bilang menggunakan asuransi hanya berlaku untuk mereka yang berasal dari kalangan sosial kelas atas? Sebenarnya asuransi jiwa justru memang sebaiknya dimiliki oleh semua jenis kalangan, termasuk kalangan menengah ke bawah.

Sebagaimana dijelaskan di atas, resiko-resiko buruk memang dapat menimpa siapa saja tanpa pandang bulu. Yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar dampaknya terhadap kamu dan keluarga secara finansial.

Bagi mereka yang memang berkelimpahan secara finansial mungkin tidak terlalu jadi soal, tapi bagaimana dengan yang tidak? Tentu akan sangat terguncang keuangannya dan bisa saja membuyarkan semua rencana dan cita-cita yang sudah ditetapkan.

Tapi… premi asuransi jiwa kan mahal?

Tenaanng… Seperti halnya saat kamu mengambil kredit atau cicilan suatu barang atau properti yang memiliki ketentuan berbeda sesuai dengan kemampuan peminjamnya, demikian juga halnya untuk premi asuransi jiwa.

Produk asuransi jiwa sangat beragam, dengan berbagai jenis coverage maupun nilai premi yang harus kamu bayar. Maka dari itu, janganlah ragu untuk segera memiliki asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Dimana asuransi tersebut juga bisa dikatakan sebagai jaminan hidup di masa mendatang atau saat kamu mengalami musibah hingga meninggal dunia.

5. Para Pebisnis atau Pengusaha

Ternyata tidak hanya untuk pribadi atau diri sendiri saja, asuransi jiwa tersebut juga diperlukan untuk sebuah perusahaan atau untuk kamu sebagai pengusaha.

Lho, untuk apa? Pengusaha kan sudah mapan secara finansial..

Jadi gini, sebuah perusahaan tentu tidak akan berjalan tanpa adanya peran karyawan. Nah, untuk menjamin resiko tak terduga atas keselamatan karyawannya, sebuah perusahaan bisa menggunakan asuransi untuk melindungi hal-hal tersebut. Terlebih lagi untuk perusahaan yang memiliki tingkat risiko kecelakaan kerja yang tinggi, maka adanya asuransi jiwa tersebut sangatlah diperlukan untuk menjaga keselamatan karyawannya.

Hal ini juga bisa mengangkat citra sebuah perusahaan yang tentu sedikit banyak juga akan mendongkrak kesuksesan perusahaan di mata orang lain atau bahkan karyawannya sendiri.

6. Kamu termasuk Sandwich Generation

Apa sih yang dimaksud Sandwich Generation? And what do I care?

Sandwich Generation adalah sebutan yang ditujukan bagi kamu dengan rentang usia antara 30-40 tahun dimana saat ini kamu memiliki beban ganda yaitu menafkahi keluarga dan anak-anak, tetapi di saat yang bersamaan juga harus membiayai orang tua kamu yang sudah tidak berpenghasilan lagi (biasanya karena tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik di waktu mudanya).

Apa Sih Sandwich Generation Itu?

Kembali lagi ke kondisi keuangan kamu. Jika saat ini kamu masih sanggup bekerja dan produktif, mungkin tidak masalah. Tapi kalau tidak, apakah harus menelantarkan salah satunya? Tidak mungkin, kan?

Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan dirimu dengan perencanaan keuangan yang baik sejak dini. Salah satu solusi bagi kamu yang termasuk dalam Sandwich Generation ini adalah dengan melakukan investasi dan memiliki asuransi agar nantinya kamu bisa memasuki masa pensiun dengan sejahtera tanpa perlu bantuan dari anak kamu.

7. Kamu masih lajang

Ciyuss..??? Hari gini? Hehehe.. becanda koq.. Lanjoot…

Status kamu yang masih lajang tentu bukan suatu kendala untuk tidak/belum memiliki asuransi. Karena sebuah asuransi tidak hanya berlaku buat kamu yang sudah berkeluarga saja. Sebagian besar mereka yang masih lajang tidak mengambil asuransi karena beberapa alasan seperti belum memiliki tanggungan, masih tinggal bersama orang tua, penghasilan kecil, atau sudah disediakan oleh pihak kantor tempatnya bekerja.

Padahal ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi jiwa, sebagai berikut ini:

a). Sebagai investasi atau tabungan masa depan

Pada asuransi jiwa unit link, sebagian dari premi yang kamu bayarkan akan dialokasikan untuk investasi. Seringkali tingkat pengembalian atau hasil dari investasi ini lebih besar dan menjanjikan daripada yang bisa kamu dapat dari tabungan biasa di bank. Jika saat masih muda atau masih lajang asuransi tersebut belum digunakan, kamu bisa mendapatkan pengembalian hasil investasi seandainya nanti kamu sedang membutuhkan modal untuk memulai usaha.

b). Melindungi dari kondisi darurat

Sakit, kecelakaan, hingga musibah, merupakan suatu kejadian yang tidak bisa dihindari dan datangnya tidak terduga. Kejadian tersebut bisa menimpa siapa saja termasuk yang masih lajang. Nah, dengan memiliki asuransi jiwa, kamu bisa mendapatkan keringanan karena biaya pengobatan sakit ataupun kerugian finansial lainnya yang timbul akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan plan yang kamu ambil.

c). Biaya pemakaman

Umur manusia merupakan sebuah rahasia, dan kematian bisa datang kapan saja dan dimana saja, sehingga kamu yang masih lajang pun tak ada salahnya untuk memiliki sebuah asuransi jiwa. Karena asuransi tersebut bisa digunakan untuk menanggung biaya pemakaman mulai dari setelah meninggal, hingga biaya untuk perawatan makam.

Karena kamu tidak tahu bagaimana masa nanti atau masa depan akan terjadi, juga setelah mengetahui manfaat dan alasan pentingnya asuransi jiwa, yuk segera miliki dan lindungi diri kamu sedini mungkin.

Tak perlu khawatir atau merasa malu karena masih awam dengan yang namanya asuransi, karena saya siap memberikan informasi dan penjelasan yang kamu butuhkan dengan jelas dan tepat, sehingga kamu bisa memilih sendiri asuransi mana yang paling cocok sesuai dengan gaya hidup  dan kebutuhanmu.

Jangan takut juga dengan berapa jumlah premi yang harus dibayarkan, karena kamu bisa menentukan sendiri berapa nilai premi sesuai kemampuan kamu.

Mencari asuransi terbaik dan paling mengerti? Asuransi jiwa Allianz solusi terbaik untukmu.

Klik di sini untuk info lengkapnya. Atau langsung saja isikan data diri kamu di sini untuk permohonan ilustrasi.